Situ Patenggang, Keindahan Situ yang Berada di Tengah-Tengah Kebun Teh

Situ Patenggang danau di tengah-tengah kebun teh
Panorama Situ Patenggang
Situ Patenggang atau Situ Patengan yaitu satu danau yang terdapat di lokasi tempat wisata alam Bandung Selatan, Jawa Barat, Indonesia, tepatnya di Ciwidey. Terdapat di ketinggian 1600 mtr. diatas permukaan laut, danau ini mempunyai panorama yang begitu eksotik. Situ patenggang juga mempunyai panorama alam yang asri, lantaran di sekelilingnya ada hamparan kebun teh.


Baca juga : Taman Wisata Cikembulan Garut

Luas Situ Patenggang sekitaran 45. 000 hektar. Dan keseluruhan luas cagar alamnya meraih 123. 077, 15 hektar. Situ patenggang senantiasa jadi pilihan wisatawan terlebih untuk mereka yang baru pulang dari destinasi wisata Kawah Putih. Jaraknya dari wisata kawah putih cuma sekitaran 7 KM serta memerlukan saat sekitaran 10 menit saja.



Perahu di Situ Patenggang
Foto Oleh: Wiliam Setiawan
Berdasar pada info yang tercantum di tempat wisata, situ Patenggang datang dari bhs Sunda, pateangan-teangan (sama-sama mencari). Menceritakan cinta Putra Prabu serta Putri titisan Dewi yang besar berbarengan alam, yakni ki Santang serta Dewi Rengganis. Mereka berpisah untuk demikian lamanya. Lantaran cintanya yang demikian mendalam, mereka sama-sama mencari serta pada akhirnya berjumpa di satu tempat yang hingga saat ini diberi nama " Batu Cinta ". Dewi Rengganispun minta dibuatkan danau serta satu perahu untuk berlayar berbarengan. Perahu berikut yang hingga saat ini jadi satu pulau yang berupa hati (Pulau Asmara/Pulau Sasaka). Menurut narasi ini, yang berkunjung di batu cinta serta melingkari pulau asmara, selalu memperoleh cinta yang kekal seperti mereka.

Situ patenggang terdapat di daerah Bandung selatan serta terdapat lebih kurang 35 KM dari kota Bandung.


Transportasi ke Situ Patenggang

Untuk menuju tempat situ patenggang, dapat memakai angkutan umum berbentuk bis dari terminal leuwipanjang ke terminal ciwidey, disambung dengan angkutan desa ke situ patenggang. Bila memakai kendaraan pribadi, dapat lewat jalur jalan kopo - soreang - ciwidey -situ patenggang.

Akomodasi


Ticket masuk ke ruang wisata yaitu Rp18. 000/orang untuk weekday serta Rp. 20. 500/orang untuk weekend, lalu untuk kendaraannya bis Rp. 22. 000/bis, serta untuk mobil roda 4 Rp. 11. 000/mobil serta untuk ingindara motor Rp. 3. 500/motor. Fasilitas yang ada diantaranya berbentuk tempat parkir yang luas, toilet umum, mushala, serta tempat bermalam yang ada di bawah pengelolaan Perhutani. Diluar itu juga ada banyak gazebo yang dapat dipakai untuk istirahat di sekitaran tempat wisata.

Sumber : Wikipedia Indonesia

0 Response to "Situ Patenggang, Keindahan Situ yang Berada di Tengah-Tengah Kebun Teh"

Posting Komentar